Sunday 9 November 2008

penyimpangan sosial?

suatu pagi menjelang siang yang tidak terlalu panas, juga tidak terlalu dingin, tapi tidak mendung... pelajaran di kelas... guru menerangkan... murid mendengarkan... juga menyimpulkan..

guru: apabila ada seseorang yang berbeda dengan masyarakat di sekitarnya, maka orang itu mengalami penyimpangan sosial.. karena berbeda budaya atau kebudayaannya... seperti misalnya seorang pencuri di perumahan, maka pencuri itu mengalami penyimpangan sosial.

murid: berarti, arek-arek pinter nang kene iku penyimpangan sosial...
[tidak 100% sesuai kenyataan, hanya mirip-mirip saja]
[nb: sebenarnya masih ada terusannya, tapi kayaknya semua udah tau]

benarkah begitu?
jadi, seharusnya satu kelompok individu dalam suatu tempat interaksi harus memiliki sifat dasar yang seragam?

kalau melihat dari pengertian penyimpangan sosial, maka hal ini tidak salah. namun, apabila penyimpangan yang terjadi merupakan penyimpangan dari hal yang positif, maka apakah hal ini masih dibenarkan?

mungkin masih bisa dijelaskan bahwa penyimpangan sosial bukanlah menunjuk bahwa hal itu benar atau salah.. namun hanya sekedar sebagai penentu bahwa apabila ada suatu individu yang berbeda kebiasaannya dianggap penyimpangan sosial. tapi tentu saja maksudnya selalu diarahkan ke hal yang positif...

sekian, pikiran-pikiran yang terlintas... ditulis dengan pendapat-pendapat yang terlintas juga... maka apabila ada kesalahan maka adalah wajar, karena ini dibuat tanpa sumber yang pasti, hanya menggunakan akal pikiran saja.

sekian.


-btw ondebuswei, kok tiba-tiba bahasaku berat bangetz yea? aku lo biasanya ga gitu.... --" gtawla.. penyimpangan so'sial..!!! akakakakakakak...!!!!! :P-


No comments:

Post a Comment